CLK Armani
Paris 2004 CLK Cabriolet by Giorgio Armani
Paris Motor Show Ke-77 2004, akhir September mendatang, Mercedes Benz akan mempersembahkan CLK-Class Cabriolet yang didesain secara eksklusif oleh perancang mode terkenal Italia, F Giorgio Armani. Warna dan bahan yang digunakan menjadikan Mercedes Cabriolet yang dapat memuat empat orang (four-seater) itu tampil beda dan memikat.
CAT khusus bernuansa pasir yang hangat, yang dipadu dengan bahan interior berkualitas tinggi, membuat CLK-Class Cabriolet hasil desain Giorgio Armani memancarkan kesan maskulin, sporty, dan mewah.
DaimlerChrysler dan Giorgio Armani hanya akan membuat kendaraan elegan itu sebanyak 100 unit di seluruh dunia, untuk mempertahankan eksklusivitas dari kendaraan tersebut. Namun, tidak disebutkan apakah di antara 100 unit itu juga ada yang menggunakan setir kanan.
Giorgio Armani memberikan kesempatan kepada pembeli CLK Cabriolet hasil rancangannya itu untuk membuat mobilnya menjadi sangat pribadi dengan memilih sendiri bahan dan catnya. Dan, setiap unit akan dilengkapi dengan sertifikat.
Giorgio Armani bekerja sama erat dengan Mercedes Benz di studio desain Mercedes di Como, Italia utara. Dan, itu merupakan proyek desain mobilnya yang pertama. "Kami dengan cepat menemukan bahasa yang sama. Adalah sangat menarik untuk melihat Mercedes Benz menuangkan ide-ide desain saya ke dalam kenyataan dengan sangat detail. Saya pikir hasilnya telah membuktikan itu," kata Giorgio Armani.
"Prinsip-prinsip desain Giorgio Armani dan Mercedes Benz saling melengkapi dengan sangat baik," kata Stefan Sielaff, Kepala Desain Interior di Pusat Teknologi Mercedes Benz di Sindelfingen. Baik Mercedes Benz maupun Giorgio Armani selalu menggunakan bahan-bahan yang asli, berkualitas tinggi, serta kreativitas yang hebat dalam menghasilkan produk- produk yang tidak lekang oleh waktu dan memberikan rasa bangga kepada pemiliknya, serta berpotensi menjadi klasik.
Didorong oleh tanggapan positif terhadap kendaraan modelnya, Mercedes Benz memutuskan untuk meluncurkan versi edisi terbatas guna menjaga eksklusivitas dari kendaraan tersebut. Mercedes Benz juga berjanji akan membuat mobil hasil rancangan Giorgio Armani itu menjadi sangat pribadi, sesuai dengan permintaan masing-masing individu dengan menggunakan bahan-bahan pilihan dan cat yang mempunyai efek khusus.
Seluruh eksterior mobil itu dicat dengan warna pasir redup (matt sand colour) dengan bayangan hijau lembut, yang dinamakan Shabbia, yang merupakan merek dagang (trademark) Armani.
Cat redup unik itu dikembangkan oleh Mercedes Benz dan diterapkan pada CLK Cabriolet Armani itu dengan sangat efektif. Elemen-elemen dekorasi hitam mengkilap di berbagai tempat menambah sentuhan khusus pada mobil tersebut. Penutup atap dan warna mobil dipilih secara hati-hati dan dikembangkan secara khusus.
Di dalam, bahan penutup kursi dan bahan-bahan lainnya dipadukan dengan warna eksterior. Giorgio Armani telah mencapai efek yang mengejutkan, sebagian dengan memindahkan bahan dari konteks tradisionalnya dan menggabungkannya dengan cara yang tidak biasa untuk menciptakan sesuatu yang baru. Sebagai contoh, ia menggunakan cuoio (kulit pelana berharga tinggi yang menjadi mode pada tahun 1940-an dan tahun 1950-an yang kini sangat langka dan hanya digunakan untuk barang-barang tertentu saja) dan menggabungkannya dengan bahan tekstil berteknologi tinggi yang diambil dari pakaian olahraga (sportwear) masa kini. Dengan struktur tekstil yang tiga dimensi itu, membuat kursi-kursi dan bagian-bagian lain dari kendaraan itu memiliki ventilasi sangat baik.
Seluruh elemen dekoratif interior, yang biasanya terbuat dari kayu, dibalut kulit berwarna coklat yang terdiri atas potongan-potongan kecil yang disambung-sambung. Setir multifungsi yang berwarna antrasit (batu bara) dibalut kulit yang berlubang-lubang. Untuk menghindari pantulan-pantulan yang mengganggu di kaca depan, bagian atas panel instrumen diberi warna yang gelap. Bagian bawah panel instrumen mengulang bayangan eksterior, menciptakan kontras yang menarik.
Untuk menjaga pantulan hingga ke titik minimum, Giorgio Armani memutuskan untuk tidak menggunakan krome (chrome) yang mengkilat di dalam mobil. Sebagai gantinya ia menggunakan metal berkualitas tinggi yang redup.
MERCEDES Benz CLK yang didesain oleh Giorgio Armani itu adalah CLK 500 Cabriolet, yang tidak hanya menawarkan teknologi berkualitas tinggi dan gaya yang memesona, tetapi juga kenyamanan berkendara di alam terbuka dan kenyamanan yang tinggi bagi empat penumpangnya.
Mesin V8 (8 silinder dalam konfigurasi V) menghasilkan tenaga maksimum 306 PK dan dapat berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 6,2 detik. Chassis CLK 500 Cabriolet itu didesain untuk menjamin agar mobil itu gesit dalam bermanuver dan dinamis. Perangkat keamanan penumpang tingkat tinggi melengkapi mobil tersebut, mulai dari kerangka yang diperkuat, perlindungan anti-terguling (rollover protection) otomatis, kantong udara bagi pengemudi dan penumpang depan, kantong udara samping untuk melindungi kepala dan dada, kantong udara samping untuk penumpang belakang, sabuk pengaman yang dilengkapi tensioner, sampai sensor yang mengendalikan rollover bar (besi pelindung saat mobil terguling).
Sebagai tambahan, CLK Cabriolet hasil rancangan Giorgio Armani ditingkatkan penampilannya dengan menggunakan beberapa perangkat khas AMG (rumah desain Mercedes Benz) di bagian depan, belakang, dan samping.
Lengkapnya perlengkapan standar CLK Cabriolet Armani membuat seluruh keinginan pembelinya nyaris terpenuhi. Perlengkapan standar CLK Cabriolet Armani itu mencakup thermotronic climate control yang dilengkapi sensor panas sinar Matahari, radio stereo yang dilengkapi sistem navigasi (khusus Eropa), dan surround sound system yang menggunakan 10 speaker serta amplifier 8 x 40 Watt, pemanas kursi, headlamp assist (adaptive headlight), parktronic, sensor hujan, serta persneling otomatik yang dilengkapi speedtronic (sejenis tiptronic).
Menyusul peluncuran CLK Cabriolet Giorgio Armani pada press day di Paris Motor Show 2004, mobil itu akan dipajang di ruang pamer Mercedes di Champs Elysees, Paris, sampai tanggal 10 Oktober mendatang. Dijadwalkan, mobil eksklusif yang dijual dengan harga pabrik 86.884 euro (sekitar Rp 970.928.700) itu baru akan sampai ke tangan pembeli mulai kuartal pertama tahun 2005.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home